Tentang Unisa Palu

Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu sebagai salah satu perguruan tinggi swasta, sejak berdirinya pada tahun 1964 telah berperan dalam pengembangan sumberdaya manusia serta telah memberikan sumbangan nyata dalam mendukung perkembangan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Sulawesi Tengah pada khususnya.

Sejak berdirinya Unisa Palu merupakan kilas balik penelusuran keberadaan pendidikan Alkhairaat itu sendiri di lembah Palu Sulawesi Tengah, dengan menampilkan peran sentral H.S Idrus Bin Salim Aldjufri selaku tokoh utama. Universitas Alkhairaat seakan menjadi kulminasi dari obsesi perjalanan panjang perjuangan Sang pendiri dalam menegakkan tonggak peradaban Islam di Nusantara, khususnya di Kawasan Timur Indonesia, melalui pembinaan Lembaga Pendidikan Alkhairaat yang didirikan tahun 1930 serta dibukanya Unisa Palu dengan Nama UNIS tahun 1964.

Perubahan situasi dan peraturan pendidikan nasional turut mempengaruhi perjalanan Universitas Alkhairaat dalam kurun tahun 1987, sehingga harus berganti nama menjadi Perguruan Tinggi Islam Alkhairaat disingkat (PTIA). Sekembalinya Saggaf Bin Muhammad Aldjufri, MA, dari Kairo Mesir maka Beliaulah yang dipercayakan melanjutkan estafet kepemimpinan Perguruan Tinggi Alkhairaat, selaku Rektor kedua. Selanjutnya pada tahun 1989, dalam masa kepemimpinan Ir. Faisal Shahab selaku Rektor Unisa, Pemerintah Indonesia melalui SK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 0842/0/1989, tertanggal 16 Desember 1989, memberikan status terdaftar bagi Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra. Kemudian pada tahun 1991, Fakultas Syari’ah diintegrasikan dalam Unisa dan diberikan kewenangan menyelenggarakan Program strata satu (S1) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor: 120 tahun 1991 yang membina dua (2) program studi,pada tahun yang sama Fakultas Pertanian juga terbentuk. Pada akhir tahun 2006 ijin penyelenggaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbit melalui SK Dirjen Dikti dengan dua jurusan, dan terakhir pada tahun 2009 ijin penyelenggaraan program studi pendidikan dokter juga dikeluarkan oleh Dirjen Dikti. Saat ini Universitas Alkhairaat Palu membina tujuh fakultas, yaitu: (1) Fakultas Agama Islam, (2) Fakultas Perikanan, (3) Fakultas Ekonomi (4) Fakultas Sastra, (5) Fakultas Pertanian, (6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan (7) Fakultas Kedokteran, terdiri dari 14 Program Studi. Pada tahun 2012 didirikan Fakultas Teknik Pertambangan kerjasama Universitas Perjuangan Rapublik Indonesia (UPRI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>